Officially 6 Months in China

Thursday, March 30, 2017

Halo Pals!
Sudah lama ya gak main kesini~

Saya sudah kangen berat untuk nulis lagi disini. Karena, postingan terakhir saya itu bulan Mei 2016, SEPULUH BULAN YANG LALU!! Sebenernya, saya sempet punya satu postingan tentang keberangkatan saya ke China waktu itu, tapi itu postingan lama, postingan yang hanya saya update kontennya.

Anyway, Saya sudah resmi 6 bulan tinggal di China. YEAH!
Sebenarnya sejak dua minggu yang lalu sih. Bersyukur bisa ada di sini, bersyukur banget. Hal yang paling penting adalah, saya bisa banyak belajar hal baru dari negeri orang. Punya teman dari berbagai negara, ketemu budaya yang berbeda, bahasa yang berbeda, kebiasaan yang berbeda. Pastinya, semua pengalaman disini bakal saya jadikan pelajaran. Kalau menarik ya bakal saya share disini, syukur-syukur kalau bisa bermanfaat buat teman-teman. Iya kan?

Sebenarnya, banyak banget hal yang pengen saya share disini, banyaaaaak banget. Tapi, saya gak tau mau memulainya dari mana. Hahaha. Okay, let me think!

Disini, saya tinggal di dormitory. Exactly, boys dormitory!

Kalau di lantai saya, ada chinese students, vietnam students, taiwan, dan of course indonesian student. Satu kamar diisi oleh dua orang mahasiswa, itu karena kita adalah mahasiswa international. FYI, Chinese student harus sharing dengan 5 sampai 6 mahasiswa dalam satu kamar. Nah, ukuran kamar kita dan kamar mereka itu sama. So, kalian bisa bayangin seberapa besar kamarnya international student. Hehehe. Asrama kita itu ada di dalam area kampus. Nah, mahasiswa disini juga lumayan banyak. Jadi, ada banyak banget gedung dormitory. Bahkan menurut saya lebih banyak gedung dormitory dari pada gedung kelasnya. (gak deng, becanda!) Hahaha. 

Ini gedung-gedung dormitory

ini penampakan gedung dormitory cewek :v

Ada satu hal menarik yang jarang atau bahkan gak pernah saya temui di Indonesia. Kalau kalian kuliah disini, kampus mengharuskan mahasiswanya untuk tinggal di asrama. Saya rasa semua universitas di China memberlakukan hal ini. Nah, makanya setiap sekolah disini menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari Sport area (jenis olahraganya macam-macam), student service area (mulai dari provider kartu, salon, peralatan rumah tangga, sampe optik kacamata), mini market, toko buku, jasa ekspedisi, food court, public bycicle, mesin cuci umum sampe kamar mandi umum. Semua fasilitas itu ada, karena mahasiswanya tinggal di dalam kampus. Tempat kita ngelakuin segala aktivitas sehari-hari. Jadi, mahasiswa lokal baru akan pulang ke rumahnya saat hari libur nasional aja. Jadi, kalau udah saatnya musim liburan, di setiap tempat bakal ramai sama mahasiswa yang geret-geret koper. Mulai dari area kampus, diluar kampus, di bus, di kereta, di subway, sampe jalanan raya juga bakal rame banget sama mahasiswa. Bisa dibilang arus mudik dan arus baliknya padat merayap. Hahahaa.

Jarak dari dormitory ke kelas sebenarnya gak terlalu jauh. Sekitar 12 menit kalau jalan kaki dan 6 menit dengan sepeda. Makanya, saya selalu pake sepeda kalau mau keluar asrama. Soalnya, kalau jalan kaki ya lumayan capek. Apalagi kalau sampe telat! Karena, saya pernah terpaksa lari-larian ke kelas dan setibanya di kelas berasa gak bisa nafas. Hihihii.

Untuk pake public bicycle ini, saya cuma harus bayar 9.9 Yuan atau sekitar 20.000 rupiah selama satu semester. Pakenya juga bebas, dimana aja, berapa aja, dan kapan aja. Cukup pake aplikasinya, input code sepeda atau scan barcode dan aplikasi bakal kasih password sepedanya, dan yaaaaak! Pake deh! Sepedanya juga gampang banget ditemui di area kampus. Jadi kalau ketemu sepedanya di tempat parkir, pake aja! Karena ini shared public bycicle, siapa aja boleh pake, ambil dimana aja juga bebas. Mau parkir dimana aja juga gak masalah. Jadi, gak perlu khawatir buat perhatiin itu sepeda, ngejagain, apalagi ngerawat. #janganbaper


Shared public bycicle adalah salah satu hal yang cukup menarik disini. Hampir di seluruh China, sepeda ini udah tersebar, bahkan provider yang menyediakan sepeda juga sudah beragam. Jenisnya banyak dan harganya juga bersaing. Saya rasa, Indonesia juga butuh yang kayak begini.





ini shared public bycicle-nya

Anyway, sekarang saya lagi di gedung fakultas dan lagi nulis postingan ini. Beberapa hari ini saya lagi senang banget. Ada satu area keren yang udah lama banget saya incar sejak awal masuk ke kampus ini. Microsoft room! Jadi, ruangan ini semacam ruang self study and project buat mahasiswa. Di ruangan ini ada banyak meja kerja kayak meja kantoran gitu. Dan akhirnya, 3 hari yang lalu saya dikasih satu meja pribadi. Horeeeee! Saya ngerasa betah banget diruangan ini, lingkungannya nyaman, gak berisik dan isinya anak-anak keren semua. Selain bisa deket sama mereka, sharing bareng, belajar bareng, makan bareng, saya harap saya juga bisa ikut ketularan keren kayak mereka. Hehehe.


ini penampakan microsoft roomnya

Well, makasih udah baca sampe sini. Segitu dulu aja ya. Semoga sharingnya bermanfaat! 
Sampai jumpa di postingan selanjutnya, Bye-bye!

You Might Also Like

1 talks