Google Local Guides Meetup

Wednesday, May 18, 2016


Hey Pals!  
How's life?

Dua minggu yang lalu gue dapat udangan dari Google, untuk datang ke event Local Guides di Museum Bank Indonesia. SUMPAH GUE SENANG BANGEETTTTT!!! Akhirnya, malam minggu kemarin tepatnya tanggal 14 Mei gue dateng kesana. AND YOU KNOW WHAT? im so fcking excited for this!!! Sebelum acara, setiap hari gue selalu nungguin, kapan ya hari sabtu, duh lama banget, duh gak sabar!

Gue diperbolehkan membawa seorang teman untuk datang ke acara itu. Well, akhirnya gue bawalah temen satu kampus gue biar ada temen berangkatnya. Awalnya, gue takut banget kalau acara ini sampe batal. Karena waktu kita berangkat, hujan udah mulai turun dan yang gue denger, acara disana bernuansa outdoor. Tapi dengan penuh keyakinan, berangkatlah kami berdua untuk mengejar mimpi. Abaikan.

Sampe disana, gue semakin excited. 
Kita langsung registrasi, check in, dikasih name tag, buku panduan acara, lalu masuk ke area event. Di dalam udah banyak banget Local Guides yang dateng. Ada dua area acara di tempat ini. Ketika pertama masuk gate, kita langsung disambut dengan makanan-makanan super lezat dan cemilan khas jakarta. Sebagai anak kosan yang jarang makan enak, kita pun memanfaatkan ini dengan penuh totalitas. HUAHAHAHHA! 



Beranjak ke area di sebelahnya, melewati lorong bercahaya yang berwarna-warni dan disambut oleh sepasang ondel-ondel, menuju area party yang sebenarnya. BOOM!!





Ada banyak banget acaranya. Seriously, acaranya keren banget!
Ada session sharing tentang photography, live accoustic, Dj Performance (they said dj morena), dan penampilan epik dari Sarah, Olla Rosa dan Ubay dari NSG MUSIC













Ini adalah acara kopdar Local Guides pertama dan terbesar di Indonesia, pun pertama kali diadain di Jakarta. Sebenarnya, Local Guides Jakarta udah ngadain beberapa kali meet up. I guess, about two times, lah. Gue dateng di meetup yang kedua. Kalian tahu? yang datang hanya empat orang. Mereka yang tiga orang itu sudah saling kenal dan berteman lebih dulu, sebelum local guides ini terbentuk. Sedangkan gue sendiri dan merasa seperti orang asing. Nabila, Saggaf dan Kamil. Yes, mereka bertiga baik banget. Hari itu, banyak banget yang mereka share ke gue. Gue akui mereka anak-anak muda hebat yang punya banyak pengalaman. Mereka adalah orang yang pertama kali pengen gue temui di event ini. Well, Akhirnya gue ketemu sama mereka di sana. Dan hari itu bener-bener bikin gue gak nyangka, ternyata komunitas ini punya banyak anggota, gak seperti yang gue bayangkan sebelumnya. Padahal yang muncul di grup komunitas orangnya itu-itu aja. Tapi ternyata, melalui event ini, kami semua berkumpul dan bisa having fun bareng.





Mungkin dari tadi kalian punya pertanyaan? iya? tidak? atau bisa jadi?
Oke, at least i will answer.


Apa itu Local Guides?

Local Guides is a global community of explorers sharing their discoveries on Google Maps. Help others find the best spots in town, make new friends, and unlock exclusive benefits along the way.

Local Guides itu adalah salah satu program yang dibuat oleh google untuk kalian-kalian yang peduli dengan Google Maps. Di Google Maps kita bisa dapatin informasi lokasi apa aja. Sayangnya, banyak banget tempat yang gak terdeteksi di maps, belum ada, gak akurat, posisinya gak pas, dan masih banyak lagi kekeliruan di banyak tempat. So, itulah tugas kita sebagai local guides. Memperbaiki Maps, memberi review, membuat rekomendasi, menambahkan informasi detail, menambahkan foto tempat, dan sebagainya. Mungkin untuk kota-kota besar, mapsnya sudah cukup lengkap. Tapi coba kalian cek di daerah-derah yang cukup terpencil. Masih sangat minim informasi tempat. So, jika kalian peduli terhadap hal itu, maka jadilah Local Guides. Apalagi buat kalian-kalian yang senang banget traveling. Hal ini adalah kebermanfaatan dari traveling kamu. Yap, Gue melakukan ini, karena gue senang traveling. Gue harap gue bisa mengelilingi dunia dan memberi review di setiap titik lokasinya.

source : +Saggaf Arsyadlink
Gimana caranya menjadi Local Guide?
Kalian bisa langsung mengunjungi website Official Local Guides then Start to contributing!
Setelah itu bergabunglah di Grup Komunitasnya melalui Google+ supaya kamu punya jaringan yang lebih luas. Finally, kamu sudah menjadi Local Guides dengan berkontibusi dan menaikan levelmu.
Sekarang gue berada di level 5 (in a whisper : top level) Mhihihihi.

Untuk lihat keseruannya, bisa tonton video ini!
source : +tujuhrupa 



Oke sekian dulu ya, gue rasa kalian bakal males kalau baca postingan gue yang panjang-panjang. Semoga bermanfaat ya Pals!
Bye! Until next time!

You Might Also Like

30 talks

  1. Salam kenal

    Saya suka dengan kisah pengalaman anda menjadi local guide. Dan secara kecil-kecilan sayapun mencoba jadi local guide. Saya ingin kenal lebih dekat dengan anda. Mudah-mudahan dengan perkenalan ini bisa membawa saya menjadi local guide sejati

    Salam hormat
    Julie Jalinan Depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Julie, salam kenal.
      wah keren! semoga semakin semangat buat berkontribusi di google maps yah!

      Delete
  2. Salam kenal

    Saya suka dengan kisah pengalaman anda menjadi local guide. Dan secara kecil-kecilan sayapun mencoba jadi local guide. Saya ingin kenal lebih dekat dengan anda. Mudah-mudahan dengan perkenalan ini bisa membawa saya menjadi local guide sejati

    Salam hormat
    Julie Jalinan Depok

    ReplyDelete
  3. Kok bisa diundang? Apa ada syarat minimum level sekian atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mbak bisa klik di link ini....https://maps.google.com/localguides/home?utm_campaign=LGHelpCenter&utm_source=local%20guides&utm_medium=lg_website&utm_term=owned&utm_content=website_native

      Delete
    2. betul kak, saat itu minimal harus sudah level 5 dan statusnya di area jakarta, dan otomatis bisa dapat undangan.

      Delete
  4. Masih bertahan di level 3 nih jadi belum dapet undangan resmi dari Google, kalo ga salah yang udah di level 5 yang akan diikutkan event dari Google Local Guide......

    ReplyDelete
  5. Masih bertahan di level 3 nih jadi belum dapet undangan resmi dari Google, kalo ga salah yang udah di level 5 yang akan diikutkan event dari Google Local Guide......

    ReplyDelete
  6. Salam kenal, wah ada mas saggaf juga hehe. Senangnya udah level 5, saya masih 3 hihi. Semoga sama-sama bisa bikin review di berbagai tempat di belahan dunia :D

    ReplyDelete
  7. Aku local guide level 5. Tim moderator untuk google map indonesia siapa ya. Review2 ga penting dapet poin. Editan yg penting malah sering ditolak.

    ReplyDelete
  8. Aku juga local guides 5 tapi aku selalu abaikan odangan dari google karena aku super sibuk...slam knal local guides aku dari sumedang

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Gan pernah gak point nya ngurangin tiba tiba? Soalnya ounya saya asalnya 300+ jadi 260 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis dengan yang saya alami sekarang. 😊

      Delete
    2. mungkin karena reviewnya gak sesuai dengan kriteria google maps. jadinya dianggap spam terus dihapus deh

      Delete
  11. Mantap sharing pengalamanya waktu event di Jakarta

    ReplyDelete
  12. Salam knal, sy LG level 7 tp gk mmpu bhasa asing,, kira2 bnyk tmn yg snasip gk yh di komunitas ini,,
    Dan umurpun sdh pala 4,, apa klo ngumpul bisa dpt tmn yh, hehee,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah umur bukanlah halangan pak, mari bertemenan..
      kalau masalah bahasa inggris kita semua bisa sambil belajar sama-sama!
      semangat terus!

      Delete
  13. Alhamdulillah ane udah level 5 udah ada 500+ poin lebih
    Tinggal nunggu undangan dari Google
    Mohon doanya ya

    ReplyDelete
  14. Maaf..
    Saya mau numpanh tanya..
    Apa hasil dari point bisa turun???
    Karena 3 hari yang lalu point saya 4.900'an..
    Lalu berubah di 4.400'an..
    Dan sekarang menjadi 3.800'an..
    Mohon pencerahannya..


    Oh iya.. saya dari surabaya.
    Salam 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, kalau melanggap privasi gitu bisa di hapus dan diturunkan poin nya. Ex : aku ngereview rumah ku sendiri, aku foto kamar ku untuk niat publishkan bentuk dalam dari perumahan itu sendiri. Eh malah melanggar privasi ternyata

      Delete
    2. bisa juga karena reviewnya gak seusai kriteria google maps. contohnya terlalu pendek atau hanya beberapa kata. bisa dianggap spam lalu dihapus, jadinya berpengaruh sama poin masnya.

      Delete
  15. Saya udah level 6 tp belum dapat undangan

    ReplyDelete
  16. Aku level 7. Pas kopdar pertama ga dapet undangan. Merasa enak ketika bisa membantu sesama.

    Moga kopdar next dapet undangan.

    ReplyDelete
  17. Aku juga udah jadi local guide dari dulu, cuma absen karena masuk pesantren ( gak boleh bawa hp ) hehehe ..
    Oh ya kunjungi juga blog saya di :
    Www.bombastisx.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  18. Salam kenal, saya juga lokal guide baru.

    ReplyDelete
  19. Salam kenal , saya Hary dr bogor. Yuk adain kopdar kecil2an. Biar saling kenal, punya teman baru.

    ReplyDelete
  20. Mudah2an kdepannya bisa brhadiah nambah isi rekning
    Wkwkwk

    ReplyDelete